NEWS

Rapor Merah Untuk BUMN, PB HMI ; Erick Tohir Gagal dan Layak Diganti

Abdul Muis, Ketua PB HMI

MEMONEWS.ID, JAKARTA –  Isu Reshuffle Kabinet kembali mencuat dan menjadi bahan diskusi. Beberapa nama menteri yang diisukan wajib diganti, seperti nama Erick Tohir selaku menteri BUMN.

Disampaikan Abdul Muis, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) memberikan Repor merah kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Muis, bahwa banyak sekali fakta yuridis yang mejadikan Kementrian BUMN sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun, kondisi saat ini berbanding terbalik saat dipimpin oleh Erick Tohir selaku Menteri BUMN di era Presiden Jokowi.

“Kepercayaan Pak Jokowi dengan menjadikan Erick Thohir Menteri BUMN awalnya untuk memberikan kepercayaan ke publik dengan track record Pak Erick yang begitu membanggakan di dunia perekonomian namun ternyata diluar ekspektasi,” ujar Ketua Umum PB HMI Abdul Muis Amiruddin, Jumat (23/04/2021).

Lebih Lanjut Muis, dengan adanya kondisi BUMN saat ini, PB HMI memberikan Repor merah kepada Erick Thohir. dilansir dari berbagai sumber Perusahan Milik BUMN mengalami kontraksi atau kerugian yang cukup besar.

“Diantaranya; PT. Timah Indonesia Tbk (Persero) merugi hingga Rp. 390 miliar ditahun 2020, PT Indofarma Tbk merugi Rp. 21,3 miliar, PT Kereta Api Indonesai (Persero) bahkan merugi hingga 3,4 triliun, PT Hutama Karya (Persero) yang juga mengalami penurunan pendapatan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengalami penurunan hingga Rp. 10,40 triliun dan PT Pertamina (Persero) yang pada umumnya mengalami kerugian kepada Negara,” ungkapnya.

“Kelembagaan berjalan mundur. Hal ini harus kita evaluasi bersama karena kenyataannya BUMN kita memang mengalami kemunduran,” ucapnya.

Bahwakan dengan Fakta tersebut, sudah cukup untuk Presiden Jokowi melakukan evaluasi dan mereshuffle Erick Tohir sebagai menteri BUMN.

“Pak Erick Tohir pantas mendapatkan Repor Merah dan di reshuffle demi kepentingan perekonomian nasional dan terkhusus demi keberhasilan Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi,” tegasnya.

Untuk itu, Muis meminta Presiden Joko Widodo agar segera dimereshuffle Erick Thohir dari mentri BUMN dan menggantikannya dengan orang professional yang lebih mengerti tatakelola perusahaan milik negara demi kemajuan bangsa. (*)

judul gambar
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

judul gambar

Memo Popular

judul gambar
To Top